Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengelompokkan sifat materi
Indikator : - Mendefenisikan materi sebagai sesuatu yang memiliki massa dan
menempati ruang .
- Mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Menjelaskan materi
2. Mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya
II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Materi
2. Sifat – Sifat Materi
3. Pengelompokan Materi
III. Model, Stategi, pendekatan, metode
Model belajar : inquiri
Stategi : STAD
Pendekatan : Ketrampilan Proses
Metode : ceramah, eksperimen
IV. KKM : 65
V. Langkah-Langkah Kegiatan
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
1 | Kegiatan awal Tahap persiapan | Pendahuluan - Guru memulai pertanyaan dengan mengecek prasyarat pengetahuan dengan memberikan pertanyaan tentang contoh-contoh materi yang ada di lingkungannya - Pembentukan kelompok dan pemberian informasi kegiatan pembelajaran | 15 menit |
2 | Kegiatan Inti Tahap penyajian materi | - Guru menginformasikan kepada siswa tujuan yang hendak dicapai dan pengertian materi serta pengelompokkannya | 55 menit |
Tahap Kelompok Kegiatan Tahap Pelaksanaan tes individu Tahap penghitungan skor Tahap penghargaan | Eksplorasi - masing-masing siswa dalam kelompok mengkaji LKS non eksperimen “mengelompokkan sifat materi” - Siswa mengolah data yang ada dalam LKS yaitu tentang mengelompokkan sifat materi Elaborasi Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam lembar kerja Mengkaji contoh-contoh pengelompokkan sifat materi Konfirmasi - Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang materi materi dan pengelompokkan materi - Latihan soal tentang pengelompokkan materi untuk merefleksikan pemahaman konsep -Siswa melakukan tes secara individu -Guru dan siswa menghitung skor hasil tes Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tinggi | ||
3 | Kegiatan akhir | Memberikan latihan soal-soal dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
VI. Sumber / alat bantu
1. Sumber : Buku kimia kelas X
Lembar kerja non eksperimen
2. Alat bantu : Post test pengelompokkan sifat materi
VII. Penilaian
Indikator hasil belajar | Teknik | Bentuk | Soal |
-Pengertian materi -Pengelompokkan sifat-sifat materi | Tertulis | Pilihan ganda | 1. Sesuai definisi maka setiap materi selalu memiliki… a.massa dan berat b.massa dan gravitasi c.massa dan volume d.berat dan volume e.berat dan gaya Jawab : B 2. Dibawah ini adalah sifat fisika dari materi kecuali : a.warna b.bau c.titik didih d.titik leleh e.kemudahan terbakar Jawab : E 3. Yang merupakan pengertian dari sifat kimia adalah… a.sifat yang menggambarkan keadaan fisik materi b.Sifat yang bergantung pada jumlahn zat c.sifat yang tidak bergantung pada jumlah zat d.sifat zat berhubungan dengan perubahan kimia dan energy yang menyertainya e.sifat yang tidak menghasilkan zat baru Jawab : D 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan materi! Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang 5. Jelaskan pengelompokkan materi berdasrkan sifatnya! Jawab :Sifat fisika adalah sifat yang menggambarkan keadaan fisik materi yang meliputi warna, bau, titik didih, dll Sifat kimia adalah Sifat zat yang berhubungan dengan perubahan kimia dan energy yang menyertainya,misalnya kemudahan terbakar, berkarat,bereaksi, dll. |
VIII. Tabel Skor Penilaian
No. Soal | Skor |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengelompokkan sifat materi
Indikator : - Mendefenisikan materi sebagai sesuatu yang memiliki massa dan
menempati ruang .
- Mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Menjelaskan materi
2. Mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya
II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Materi
2. Sifat – Sifat Materi
3. Pengelompokan Materi
III. Model, Stategi, pendekatan, metode
Model belajar : inquiri
Stategi : STAD
Pendekatan : Ketrampilan Proses
Metode : ceramah, eksperimen
IV. KKM : 65
V. Langkah-Langkah Kegiatan
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
1 | Kegiatan awal Tahap persiapan | Pendahuluan - Guru memulai pertanyaan dengan mengecek prasyarat pengetahuan dengan memberikan pertanyaan tentang contoh-contoh materi yang ada di lingkungannya - Pembentukan kelompok dan pemberian informasi kegiatan pembelajaran | 15 menit |
2 | Kegiatan Inti Tahap penyajian materi | - Guru menginformasikan kepada siswa tujuan yang hendak dicapai dan pengertian materi serta pengelompokkannya | 55 menit |
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
Tahap Kelompok Kegiatan Tahap Pelaksanaan tes individu Tahap penghitungan skor Tahap penghargaan | Eksplorasi - masing-masing siswa dalam kelompok mengkaji LKS non eksperimen “mengelompokkan sifat materi” - Siswa mengolah data yang ada dalam LKS yaitu tentang mengelompokkan sifat materi Elaborasi Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam lembar kerja Mengkaji contoh-contoh pengelompokkan sifat materi Konfirmasi - Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang materi materi dan pengelompokkan materi - Latihan soal tentang pengelompokkan materi untuk merefleksikan pemahaman konsep -Siswa melakukan tes secara individu -Guru dan siswa menghitung skor hasil tes Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor tinggi | ||
3 | Kegiatan akhir | Memberikan latihan soal-soal dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
VI. Sumber / alat bantu
1. Sumber : Buku kimia kelas X
Lembar kerja non eksperimen
2. Alat bantu : Post test pengelompokkan sifat materi
VII. Penilaian
Indikator hasil belajar | Teknik | Bentuk | Soal |
-Pengertian materi -Pengelompokkan sifat-sifat materi | Tertulis | Pilihan ganda | 1. Sesuai definisi maka setiap materi selalu memiliki… a.massa dan berat b.massa dan gravitasi c.massa dan volume d.berat dan volume e.berat dan gaya Jawab : B 2. Dibawah ini adalah sifat fisika dari materi kecuali : a.warna b.bau c.titik didih d.titik leleh e.kemudahan terbakar Jawab : E 3. Yang merupakan pengertian dari sifat kimia adalah… a.sifat yang menggambarkan keadaan fisik materi b.Sifat yang bergantung pada jumlahn zat c.sifat yang tidak bergantung pada jumlah zat d.sifat zat berhubungan dengan perubahan kimia dan energy yang menyertainya e.sifat yang tidak menghasilkan zat baru Jawab : D 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan materi! Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang 5. Jelaskan pengelompokkan materi berdasrkan sifatnya! Jawab :Sifat fisika adalah sifat yang menggambarkan keadaan fisik materi yang meliputi warna, bau, titik didih, dll Sifat kimia adalah Sifat zat yang berhubungan dengan perubahan kimia dan energy yang menyertainya,misalnya kemudahan terbakar, berkarat,bereaksi, dll. |
VIII. Tabel Skor Penilaian
No. Soal | Skor |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
IX. DAFTAR NILAI
No | NAMA SISWA | NILAI | KETERANGAN | |
Pengayaan | Remedial | |||
X. Analisa Hasil Evaluasi
Siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,00 = ......... orang
Siswa yang memperoleh nilai ≤ 5,99 = ......... orang
PBM dapat / tidak dapat dilanjutkan :
- Jika ≥ 60 % maka dilanjutkan
- Jika ≤ 59 % maka tidak dapat dilanjutkan / diulang
XI. Tindak Lanjut
1. Siswa yang mencapai nilai ≥ 6,00 akan mengikuti program pengayaan dan yang mendapat nilai ≤ 5,99 akan mengikuti program remedial.
2. Program pengayaan mendapat nilai tambahan, sedangkan remedial diberi bimbingan dan tugas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengelompokkan Perubahan materi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Mencontohkan perubahan materi
2. Membedakan perubahan materi
3. Mengelompokan perubahan materi fisika dan perubahan kimia
4. Menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika
5. Menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia
II. Materi Pembelajaran
1. Perubahan Materi
2. Perubahan Fisika
3. Perubahan Kimia
III. Model, Stategi, pendekatan, metode
Model belajar : inquiri
Stategi : STAD
Pendekatan : Ketrampilan proses
Metode : ceramah, eksperimen
IV. KKM : 65
V. Langkah-Langkah Kegiatan
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
1 | Kegiatan awal Tahap persiapan | PENDAHULUAN - Guru memulai pelajaran dengan mengecek prasyarat pengetahuan memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. o Persyaratan pengetahuan : materi dan perubahanya. o Pemberian motivasi dengan Tanya jawab,contoh materi yang ada dilingkungan kita. o Masalah : Apakah materi itu ? apakah materi bias mengalami perubahan ? - Pemberian informasi tujuan pembelajaran dan kerangka pengelompokan materi dan perubahanya. | 15 menit |
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
2 | Kegiatan Inti Tahap penyajian materi LATIHAN TERSTRUKTUR LATIHAN TERBIMBING LATIHAN MANDIRI | EKSPLORASI - Penyajian materi melalui demonstrasi,percobaan perubahan materi - Perwakilan siswa mendemonstrasikan percobaan sambildibimbing guru,siswa lain mengamati dan mencatat data hasil percobaan. - Siswa mengkaji data percobaan perubahan materi. - Siswa mengolah data perubahan materi ELABORASI - Siswa menjawab pertanyaan yang ada untuk mendapat kesimpulan perubahan materi. - Mengkaji contoh-contoh perubahan materi,membedakan perubahan materi KONFIRMASI - Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi,perubahan fisika,perubahan kimia serta cirri-ciri yang menyertai perubahan kimia. - Latihan soal perubahan materi untuk merefleksi pemahaman konsep. | 55 menit |
3 | KEGIATAN AKHIR | Memberikan latihan soal dan tugas baca untuk pertemuanya berikutnya. |
VI. Sumber / Alat bantu
1. Sumber : Buku kimia X
2. Alat bantu : Modul Pembelajaran
VII. Penilaian
Indikator pencapaian | Teknik | Bentuk | Soal |
Pengertian perubahan materi dan pengelompokanya Perubahan fisika, Perubahan kimia | tertulis | Pilihan Ganda easy | 1. Perhatikan proses perubahan wujud materi berikut : Perubahan wujud materiyang terjadi pada V ialah : A. Menyublim D. mencair B. Mengembun E. menguap C. membeku 2. Perubahan kimia terjadi pada proses……………………….. A. Pelarutan D. pelelehan B. Penguatan E. Pembekuan C. Pembusukan 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan materi dan bagaimana proses perubahanya ? 4. Jelaskan yang dimaksud dengan perubahan fisik ! berikan 3 contonya. 5. Jelaskan yang dimaksud perubahan kimia ! Berikan contohnya ! |
VIII. Tabel Skor Penilaian
No. Soal | Skor |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
IX. DAFTAR NILAI
No | NAMA SISWA | NILAI | KETERANGAN | |
Pengayaan | Remedial | |||
X. Analisa Hasil Evaluasi
Siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,00 = ......... orang
Siswa yang memperoleh nilai ≤ 5,99 = ......... orang
PBM dapat / tidak dapat dilanjutkan :
- Jika ≥ 60 % maka dilanjutkan
- Jika ≤ 59 % maka tidak dapat dilanjutkan / diulang
XI. Tindak Lanjut
1. Siswa yang mencapai nilai ≥ 6,00 akan mengikuti program pengayaan dan yang mendapat nilai ≤ 5,99 akan mengikuti program remedial.
2. Program pengayaan mendapat nilai tambahan, sedangkan remedial diberi bimbingan dan tugas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK TI SINAR HUSNI
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengklasifikasikan materi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Mendeskripsikan pengelompokan materi menjadi unsure, senyawa dan campuran
2. Menjelaskan pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsure atau senyawa
3. Mengelompokkan campuran homogen dan campuran heterogen
4. Menjelaskan pemisahan campuran
II. Materi Pembelajaran
1. Klasifikasi materi
2. Unsur, Senyawa dan Campuran
3. Pemisahan Campuran
III. KKM : 60
IV. Model, Stategi, pendekatan, metode
Model belajar : inquiri
Stategi : STAD
Pendekatan : Ketrampilan Proses
Metode : eksperimen
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Rincian Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal | Pendahuluan : - Mengingatkan kembali tentang pengertian materi - Menginformasikan tujuan pembelajaran - Penentuan kelompok untuk kegiatan - Setiap kelompok anggotanya 12 orang | 15 menit |
2 | Kegiatan Inti | Tahap Eksplorasi : -Mengkaji lembar kerja yang harus dikerjakan oleh setiap kelompok -Membentuk kelompok penelitian setiap setiap satu percobaan dikerjakan 4 orang -Melakukan percobaan,”Pengelompokkan campuran sesuai dengan petunjuk kerja dalam LKS”. | 30 menit |
Tahap Elaborasi : -Menjawab pertanyaan dan menyimpulkan hasil percobaan -Siswa berkumpul kembali dan mendiskusikan hasil percobaan masing-masing dan mempersiapkan penyusunan laporan serta bahan presentasi. | 20 menit | ||
Kegiatan Diskusi Kelas : -Presentasi perwakilan kelompok dan diskusi kelas untuk menyamakan persepsi | 20 menit | ||
3 | Kegiatan Akhir | -Tes uji kompetensi secara individual | 10 menit |
VI. Sumber / Alat
Sumber : Buku kimia kelas X
: Modul / Lembaran kerja siswa
Alat :
-Gelas kimia - Kawat kassa
- Corong - Kaki tiga
-kertas saring - Kaca arloji
-Cawan petri - pulpen warna
-Lampu spritus - Batang pengaduk
Bahan :
-Larutan NaCl - Es batu
-pasir - Garam
- Kristal iodium
VII. Penilaian
Indikator pencapaian | Teknis | Bentuk | Soal |
Pilihan Berganda | 1. Diantara zat berikut yang merupakan unsur adalah : a. Bensin d. Kuningan b. Udara e. Perunggu c. Platina Jawaban : c. Platina |
Indikator pencapaian | Teknis | Bentuk | Soal |
Pilihan Berganda | 2. Berikut ini yang merupan unsur logam adalah : a. Hidrogen d. Belerang b. Air Raksa e. Klor c. Karbon Jawaban : b. Air Raksa 3. Zat berikut yang termasuk senyawa adalah : a. Semen d. Susu b. Bensin e. Timah Putih c. Garam Dapur Jawaban : c. Garam Dapur 4. Zat berikut yang tidak termasuk campuran adalah : a. Susu Murni d. Gula Pasir b. Air Laut e. Perunggu c. Kertas Jawaban : d. Gula Pasir 5. Destilasi merupakan proses pemisahan campuran antara : a. Zat padat dengan zat padat b. Zat cair dengan zat cair c. Zat padat dengan gas d. Cair dengan gas e. Gas dengan gas Jawaban : b. |
VIII. Tabel Skor Penilaian
No. Soal | Skor |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
IX. DAFTAR NILAI
No | NAMA SISWA | NILAI | KETERANGAN | |
Pengayaan | Remedial | |||
X. Analisa Hasil Evaluasi
Siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,00 = ......... orang
Siswa yang memperoleh nilai ≤ 5,99 = ......... orang
PBM dapat / tidak dapat dilanjutkan :
- Jika ≥ 60 % maka dilanjutkan
- Jika ≤ 59 % maka tidak dapat dilanjutkan / diulang
XI. Tindak Lanjut
1. Siswa yang mencapai nilai ≥ 6,00 akan mengikuti program pengayaan dan yang mendapat nilai ≤ 5,99 akan mengikuti program remedial.
2. Program pengayaan mendapat nilai tambahan, sedangkan remedial diberi bimbingan dan tugas.
IX. DAFTAR NILAI
No | NAMA SISWA | NILAI | KETERANGAN | |
Pengayaan | Remedial | |||
X. Analisa Hasil Evaluasi
Siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,00 = ......... orang
Siswa yang memperoleh nilai ≤ 5,99 = ......... orang
PBM dapat / tidak dapat dilanjutkan :
- Jika ≥ 60 % maka dilanjutkan
- Jika ≤ 59 % maka tidak dapat dilanjutkan / diulang
XI. Tindak Lanjut
1. Siswa yang mencapai nilai ≥ 6,00 akan mengikuti program pengayaan dan yang mendapat nilai ≤ 5,99 akan mengikuti program remedial.
2. Program pengayaan mendapat nilai tambahan, sedangkan remedial diberi bimbingan dan tugas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengelompokkan Perubahan materi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Mencontohkan perubahan materi
2. Membedakan perubahan materi
3. Mengelompokan perubahan materi fisika dan perubahan kimia
4. Menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika
5. Menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia
II. Materi Pembelajaran
1. Perubahan Materi
2. Perubahan Fisika
3. Perubahan Kimia
III. Model, Stategi, pendekatan, metode
Model belajar : inquiri
Stategi : STAD
Pendekatan : Ketrampilan proses
Metode : ceramah, eksperimen
IV. KKM : 65
V. Langkah-Langkah Kegiatan
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
1 | Kegiatan awal Tahap persiapan | PENDAHULUAN - Guru memulai pelajaran dengan mengecek prasyarat pengetahuan memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan. o Persyaratan pengetahuan : materi dan perubahanya. o Pemberian motivasi dengan Tanya jawab,contoh materi yang ada dilingkungan kita. o Masalah : Apakah materi itu ? apakah materi bias mengalami perubahan ? - Pemberian informasi tujuan pembelajaran dan kerangka pengelompokan materi dan perubahanya. | 15 menit |
No | Kegiatan | Rincian | Waktu |
2 | Kegiatan Inti Tahap penyajian materi LATIHAN TERSTRUKTUR LATIHAN TERBIMBING LATIHAN MANDIRI | EKSPLORASI - Penyajian materi melalui demonstrasi,percobaan perubahan materi - Perwakilan siswa mendemonstrasikan percobaan sambildibimbing guru,siswa lain mengamati dan mencatat data hasil percobaan. - Siswa mengkaji data percobaan perubahan materi. - Siswa mengolah data perubahan materi ELABORASI - Siswa menjawab pertanyaan yang ada untuk mendapat kesimpulan perubahan materi. - Mengkaji contoh-contoh perubahan materi,membedakan perubahan materi KONFIRMASI - Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi,perubahan fisika,perubahan kimia serta cirri-ciri yang menyertai perubahan kimia. - Latihan soal perubahan materi untuk merefleksi pemahaman konsep. | 55 menit |
3 | KEGIATAN AKHIR | Memberikan latihan soal dan tugas baca untuk pertemuanya berikutnya. |
VI. Sumber / Alat bantu
1. Sumber : Buku kimia X
2. Alat bantu : Modul Pembelajaran
VII. Penilaian
Indikator pencapaian | Teknik | Bentuk | Soal |
Pengertian perubahan materi dan pengelompokanya Perubahan fisika, Perubahan kimia | tertulis | Pilihan Ganda easy | 1. Perhatikan proses perubahan wujud materi berikut : Perubahan wujud materiyang terjadi pada V ialah : A. Menyublim D. mencair B. Mengembun E. menguap C. membeku 2. Perubahan kimia terjadi pada proses……………………….. A. Pelarutan D. pelelehan B. Penguatan E. Pembekuan C. Pembusukan 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan materi dan bagaimana proses perubahanya ? 4. Jelaskan yang dimaksud dengan perubahan fisik ! berikan 3 contonya. 5. Jelaskan yang dimaksud perubahan kimia ! Berikan contohnya ! |
VIII. Tabel Skor Penilaian
No. Soal | Skor |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
IX. DAFTAR NILAI
No | NAMA SISWA | NILAI | KETERANGAN | |
Pengayaan | Remedial | |||
X. Analisa Hasil Evaluasi
Siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,00 = ......... orang
Siswa yang memperoleh nilai ≤ 5,99 = ......... orang
PBM dapat / tidak dapat dilanjutkan :
- Jika ≥ 60 % maka dilanjutkan
- Jika ≤ 59 % maka tidak dapat dilanjutkan / diulang
XI. Tindak Lanjut
1. Siswa yang mencapai nilai ≥ 6,00 akan mengikuti program pengayaan dan yang mendapat nilai ≤ 5,99 akan mengikuti program remedial.
2. Program pengayaan mendapat nilai tambahan, sedangkan remedial diberi bimbingan dan tugas.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK TI SINAR HUSNI
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengklasifikasikan materi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. Mendeskripsikan pengelompokan materi menjadi unsure, senyawa dan campuran
2. Menjelaskan pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsure atau senyawa
3. Mengelompokkan campuran homogen dan campuran heterogen
4. Menjelaskan pemisahan campuran
II. Materi Pembelajaran
1. Klasifikasi materi
2. Unsur, Senyawa dan Campuran
3. Pemisahan Campuran
III. KKM : 60
IV. Model, Stategi, pendekatan, metode
Model belajar : inquiri
Stategi : STAD
Pendekatan : Ketrampilan Proses
Metode : eksperimen
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Rincian Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Awal | Pendahuluan : - Mengingatkan kembali tentang pengertian materi - Menginformasikan tujuan pembelajaran - Penentuan kelompok untuk kegiatan - Setiap kelompok anggotanya 12 orang | 15 menit |
2 | Kegiatan Inti | Tahap Eksplorasi : -Mengkaji lembar kerja yang harus dikerjakan oleh setiap kelompok -Membentuk kelompok penelitian setiap setiap satu percobaan dikerjakan 4 orang -Melakukan percobaan,”Pengelompokkan campuran sesuai dengan petunjuk kerja dalam LKS”. | 30 menit |
Tahap Elaborasi : -Menjawab pertanyaan dan menyimpulkan hasil percobaan -Siswa berkumpul kembali dan mendiskusikan hasil percobaan masing-masing dan mempersiapkan penyusunan laporan serta bahan presentasi. | 20 menit | ||
Kegiatan Diskusi Kelas : -Presentasi perwakilan kelompok dan diskusi kelas untuk menyamakan persepsi | 20 menit | ||
3 | Kegiatan Akhir | -Tes uji kompetensi secara individual | 10 menit |
VI. Sumber / Alat
Sumber : Buku kimia kelas X
: Modul / Lembaran kerja siswa
Alat :
-Gelas kimia - Kawat kassa
- Corong - Kaki tiga
-kertas saring - Kaca arloji
-Cawan petri - pulpen warna
-Lampu spritus - Batang pengaduk
Bahan :
-Larutan NaCl - Es batu
-pasir - Garam
- Kristal iodium
VII. Penilaian
Indikator pencapaian | Teknis | Bentuk | Soal |
Pilihan Berganda | 1. Diantara zat berikut yang merupakan unsur adalah : a. Bensin d. Kuningan b. Udara e. Perunggu c. Platina Jawaban : c. Platina |
Indikator pencapaian | Teknis | Bentuk | Soal |
Pilihan Berganda | 2. Berikut ini yang merupan unsur logam adalah : a. Hidrogen d. Belerang b. Air Raksa e. Klor c. Karbon Jawaban : b. Air Raksa 3. Zat berikut yang termasuk senyawa adalah : a. Semen d. Susu b. Bensin e. Timah Putih c. Garam Dapur Jawaban : c. Garam Dapur 4. Zat berikut yang tidak termasuk campuran adalah : a. Susu Murni d. Gula Pasir b. Air Laut e. Perunggu c. Kertas Jawaban : d. Gula Pasir 5. Destilasi merupakan proses pemisahan campuran antara : a. Zat padat dengan zat padat b. Zat cair dengan zat cair c. Zat padat dengan gas d. Cair dengan gas e. Gas dengan gas Jawaban : b. |
VIII. Tabel Skor Penilaian
No. Soal | Skor |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
IX. DAFTAR NILAI
No | NAMA SISWA | NILAI | KETERANGAN | |
Pengayaan | Remedial | |||
X. Analisa Hasil Evaluasi
Siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,00 = ......... orang
Siswa yang memperoleh nilai ≤ 5,99 = ......... orang
PBM dapat / tidak dapat dilanjutkan :
- Jika ≥ 60 % maka dilanjutkan
- Jika ≤ 59 % maka tidak dapat dilanjutkan / diulang
XI. Tindak Lanjut
1. Siswa yang mencapai nilai ≥ 6,00 akan mengikuti program pengayaan dan yang mendapat nilai ≤ 5,99 akan mengikuti program remedial.
2. Program pengayaan mendapat nilai tambahan, sedangkan remedial diberi bimbingan dan tugas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar